Wednesday 11 January 2012

10 Virus Komputer Paling Berbahaya

20:57



1. Stuxnet, merupakan salah satu virus yang cukup ‘gila’ karena efek yang cukup nyata. Modus operandinya membuat space hardisk korban menjadi habis sehingga memunculkan peringatan “Low Disk Space”. Hal ini karena Stuxnet membuat file sampah berukuran besar yang terus berkembang.

2. Ramnit, merupakan salah satu virus yang telah sukses menggantikan posisi Sality di awal tahun 2011 dalam menginfeksi komputer dan file executable. Sejak Januari hingga akhit tahun ini, sudah banyak komputer yang telah terinfeksi virus ini.
3. Webmoner, virus ini memiliki kemiripan dengan Ramnit yaitu membuat 4 file shortcut, tetapi file virus pemicunya justru mempunyai extension sys yaitu file mso.sys.
4. SfontAgent, sama halnya Webmoner, juga memiliki file shortcut, Tapi file virus pemicunya justru memiliki extension fon (Font file) seperti setup50045.fon atau setup50039.fon.
5. Kolab, merupakan virus Facebook Chat yang cukup heboh karena kemampuan metamorphic. Setiap malware yang disebarkan melalui Facebook Chat, walaupun memiliki ukuran dan nama yang sama, tetapi justru memiliki algoritma hash yang berbeda.
6. FakeAV, salah satu virus yang cukup terkenal sejak 2 tahun lalu dan tetap unjuk gigi di tahun ini. Tercatat 2 artikel telah diterbitkan oleh Vaksincom terhadap serangan varian malware ini. Ini menunjukkan betapa FakeAV masih diperhitungkan.
7. Slugin, salah satu jenis virus yang menyebarkan spam juga ikut meramaikan persaingan di tahun 2011. Dengan memanfaatkan akun email pengguna komputer yang terinfeksi, maka Slugin mengirimkan spam kepada kontak-kontak yang dimiliki oleh pengguna komputer tersebut. Efeknya, virus menjadi penyebab penyebaran spam yang tidak jelas.
8. BitCoinMiner/DorkBot, inilah trojan Zbot pencari uang yang cukup handal. Dengan adanya mata uang digital, dan adanya pula program bisnis penghasil uang dengan cara menambang (bitcoin mining), pembuat virus menjadikan hal ini sebagai salah satu cara yang cukup praktis dan efektif. Hal ini memnungkinkan karena dengan melakukan BitCoin Mining pada ribuan komputer terinfeksi, maka dengan mudah menghasilkan uang yang cukup banyak.
9. MacSecurity, varian virus ini cukup nyata keberadaannya di pertengahan tahun 2011 karena memiliki 5 varian yang berbeda tetapi sama yaitu MacDefender, MacGuard, MacProtector, MacShield dan MacSecurity.
10. Virus Android, bak menggantikan peran dari Windows Mobile, Android di tahun ini cukup meroket dan bahkan hampir setiap hari banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk sistem operasi tersebut. Tetapi justru hal tersebut menjadi buah simalakama. Karena di antara jutaan aplikasi itu merupakan virus jejadian. Diawali dari trojan Android. Plankton yang menyerang menggunakan nama aplikasi game Angry Birds, hingga Android.Gongfu, Android.Wukong, Android.SmsSend dan Android.DreamExploid yang banyak menyerang aplikasi-aplikasi, terutama game.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top