Thursday 6 June 2013

Mengenal Instrumentasi Secara Luas

00:33

apaan sih instrumentasi?aq juga masih belum jelas.karena luasnya hal tersebut.
tapi sebaiknya mengenal lebih jauh jurusan yang aku ambil ini.
berdasarkan wikipedia:
Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks. Instrumentasi bisa berarti alat untuk menghasilkan efek suara, seperti pada instrumen musik misalnya, namun secara umum instrumentasi mempunyai 3 fungsi utama:
sebagai alat pengukuran
sebagai alat analisa, dan
sebagai alat kendali.

Instrumentasi sebagai alat pengukuran meliputi instrumentasi survey/ statistik, instrumentasi pengukuran suhu, dll. Contoh dari instrumentasi sebagai alat analisa banyak dijumpai di bidang kimia dan kedokteran, misalnya, sementara contoh instrumentasi sebagai alat kendali banyak ditemukan dalam bidang elektronika, industri dan pabrik-pabrik. Sistem pengukuran, analisa dan kendali dalam instrumentasi ini bisa dilakukan secara manual (hasilnya dibaca dan ditulis tangan), tetapi bisa juga dilakukan secara otomatis dengan menggunakan komputer (sirkuit elektronik). Untuk jenis yang kedua ini, instrumentasi tidak bisa dipisahkan dengan bidang elektronika dan instrumentasi itu sendiri.

Instrumentasi sebagai alat pengukur sering kali merupakan bagian depan/ awal dari bagian-bagian selanjutnya (bagian kendalinya), dan bisa berupa pengukur dari semua jenis besaran fisis, kimia, mekanis, maupun besaran listrik. Beberapa contoh di antaranya adalah pengukur: massa, waktu, panjang, luas, sudut, suhu, kelembaban, tekanan, aliran, pH (keasaman), level, radiasi, suara, cahaya, kecepatan, torque, sifat listrik (arus listrik, tegangan listrik, tahanan listrik), viskositas, density, dll.
waduh aku kok belum nyambung yaaa??
ayo ditelusuri lagi..
Instrumen adalah cabang teknik yang berhubungan dengan pengukuran dan kontrol.

Menurut ISA atau dikenal sebagai Otomasi Sistem Instrumentasi dan Masyarakat yang sebelumnya dikenal sebagai Instrument Society of America, definisi resmi Instrumentasi - adalah kumpulan dari Instrumen dan aplikasi mereka untuk tujuan Pengamatan, Pengukuran dan Kontrol. Referensi: ISA std. S 51,1 - (Instrument Society of America)


Alat adalah alat yang mengukur atau memanipulasi variabel seperti arus, suhu, level, atau tekanan. Instrumen mencakup banyak bervariasi yang dapat contrivances sederhana seperti katup dan pemancar, dan rumit seperti analyzer. Instrumen sering terdiri dari berbagai sistem kontrol proses. Pengendalian proses adalah salah satu cabang utama diterapkan instrumentasi.

Kontrol instrumentasi termasuk perangkat seperti solenoida, katup, pemutus rangkaian, dan relay. Perangkat ini dapat mengubah parameter lapangan, dan memberikan kendali otomatis remote atau kemampuan.

Pemancar adalah alat yang menghasilkan sinyal analog, biasanya dalam bentuk 4-20 mA listrik arus sinyal, meskipun banyak pilihan lain dengan menggunakan tegangan, frekuensi, atau tekanan yang mungkin. Sinyal ini dapat digunakan untuk mengontrol instrumen lain secara langsung, atau dapat dikirim ke PLC, DCS, SCADA sistem, atau jenis komputer kontroler, di mana ia dapat ditafsirkan ke dalam nilai-nilai yang dapat dibaca dan digunakan untuk mengontrol perangkat lain dan proses dalam sistem.

Instrumentasi memainkan peran penting dalam kedua mengumpulkan informasi dari lapangan dan mengubah parameter lapangan, dan dengan demikian merupakan bagian penting dari kontrol loop.

Sebuah jabatan kontrol turbin uap.
PID pneumatik
Pengukuran

Instrumentasi dapat digunakan untuk mengukur bidang tertentu parameter (nilai-nilai fisik):

Nilai terukur ini meliputi:
tekanan, baik perbedaan atau statis
mengalir
suhu - Temperature_measurement
tingkat - Level Pengukuran
kepadatan
Viskositas
radiasi
frekuensi
saat ini
tegangan
induktansi
kapasitansi
Resistivitas
komposisi kimia
kimia
berbagai sifat-sifat fisik
Kontrol

Selain mengukur parameter lapangan, instrumentasi juga bertanggung jawab untuk menyediakan kemampuan untuk memodifikasi beberapa parameter lapangan.
Instrumentasi rekayasa

Perekayasaan instrumentasi adalah spesialisasi teknik berfokus pada prinsip dan operasi dari alat pengukur yang digunakan dalam desain dan konfigurasi sistem otomatis listrik, pneumatik domain dll Mereka biasanya bekerja untuk industri dengan otomatis proses, seperti kimia atau manufaktur tanaman, dengan Tujuan dari sistem meningkatkan produktivitas, kehandalan, keselamatan, optimasi dan stabilitas. Untuk mengontrol parameter dalam suatu proses atau sistem tertentu Mikroprosesor, Micro controller, PLC etc digunakan, tetapi tujuan utama mereka adalah untuk mengontrol parameter dari sistem.
Katup kontrol.
Instrumentasi teknologi dan mekanika

Instrumentasi teknologi, teknisi dan mekanik mengkhususkan diri dalam pemecahan masalah dan perbaikan dan pemeliharaan alat dan sistem instrumentasi. Perdagangan ini sangat terkait dengan listrik, pipefitters, kekuasaan insinyur, dan perusahaan rekayasa, bahwa seseorang dapat menemukan diri sendiri dalam situasi kerja yang sangat beragam. An over-jangka melengkung, “Instrument Fitter” sering digunakan untuk menggambarkan orang-orang di bidang ini, meskipun ada specialization

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top