Tuesday 15 December 2015

Manfaat Bermain Catur

00:34

Siapa yang tidak mengenal catur? Terkenal akan olahraga yang memerlukan konsentrasi dan intelektual tinggi, ternyata catur juga merupakan olahraga terbaik untuk melatih organ-organ penting di dalam tubuh. Mungkin catur tidak akan membuat otot Anda menjadi besar, tetapi dengan bermain catur Anda akan mendapatkan kesehatan mental sepanjang hidup Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa, bermain catur dapat mencegah pikun bagi orang-orang yang sudah lanjut usia. Tak hanya itu, bermain catur juga memberikan manfaat lain untuk kesehatan.


Mendorong pertumbuhan otak
Permainan-permainan yang menantang otak seperti catur, mampu merangsang pertumbuhan dendrit pada otak. Dendrit merupakan badan sel yang mengirimkan sinyal dari sel-sel neuron otak. Dengan lebih banyak dendrit di dalam otak, maka dapat meningkatkan komunikasi saraf dan membuatnya bekerja lebih cepat. Interaksi dengan orang lain dalam kegiatan menantang merupakan bahan bakar untuk pertumbuhan dendrit.

Melatih kedua sisi otak
Melatih kedua sisi otak sagat penting untuk meningkatkan kecerdasan setiap orang, dan permainan catur adalah contoh yang sempurna untuk melatih dua bagian otak. Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa ketika pemain catur diminta untuk mengidentifikasi posisi catur dan bentuk-bentuk geometris pada papan catur, otak kiri dan kanan mereka menunjukkan pergerakan yang sangat aktif.

Membantu mencegah Alzheimer
Sama seperti otot tubuh yang harus terus dilatih agar tetap bugar, otak juga harus terus dilatih agar tetap berfungsi dengan baik. Semakin bertambahnya usia, maka semakin penting memberikan latihan pada otak. Hal tersebut diperlukan agar Anda terhindar dari masalah Alzheimer. Sebuah studi yang ditampilkan dalam The New England Journal of Medicine baru-baru ini menemukan fakta bahwa, orang-orang di atas usia 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur, cenderung lebih sedikit mengalami demensia dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak bermain catur. Jadi ada baiknya Anda melatih dan menggunakan otak sebaik mungkin, sebelum Anda kehilangan kemampuan terbaik otak Anda.

Meningkatkan kreativitas
Bermain catur juga membantu meningkatkan kreativitas Anda. Karena saat bermain catur, secara bersamaan Anda juga akan mengaktifkan sisi otak kanan yang bertanggung jawab terhadap masalah kreativitas. Sebuah studi yang dilakukan selama empat tahun untuk menentukan aktivitas yang paling cepat dalam menumbuhkan kreativitas dengan melibatkan siswa dari kelas 7 sampai 9 untuk bermain catur, menggunakan komputer, dan melakukan hal lainnya selama 32 minggu, menunjukkan hasil kelompok yang bermain catur memiliki nilai kreativitas lebih tinggi.

Meningkatkan pemulihan dari stroke dan disabilitas
Catur dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada individu yang mengalami disabilitas, penderita stroke atau kecelakaan yang melemahkan fisik lainnya. Gerakan dalam catur merupakan salah satu bentuk rehabilitasi yang dapat mengembangkan keterampilan motorik pasien. Sedangkan dari sisi mental, saat bermain catur mereka akan dituntut untuk memikirkan strategi. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berkomunikasi mereka.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top