Friday 15 January 2016

7 Bendungan Terbesar di Dunia

08:09

Kita ketahui bersama Bendungan/DAM adalah sebuah rekayasa teknologi yang luar biasa. Para engiiner merancang bagaimana agar suatu aliran sungai dapat dikumpulkan di suatu lokasi, untuk kemudian airnya ditahan agar dapat diatur penggunaannya.
Karena adanya beda ketinggian antara air yang tertahan dan area aliran di bawah, maka air akan mengalir dengan sangat deras. Nah, aliran ini ternyata dapat menghasilkan aliran listrik yang sangat besar. DAM atau Bendungan disebut juga sebagai PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air.
Berikut ini adalah 7 daftar Bendungan Terbesar di Dunia. Simak ya 7Twister:

7. Glen Canyon Dam

Glen Canyon Dam in USA
Glen Canyon DAM

Di posisi ke-7 ada Glen Canyon DAM yang terlertak di Arizona, Amerika Serikat. Bendungan ini dibangun cukup lama, yaitu selama 10 tahun. Antara tahun 1956 hingga 1966. Bendungan Glen Canyon ini menampung reservoir atau cekungan air seluas 250mil persegi (LUAR BIASA BESAR) yaitu Lake Powell. Dimana Lake Powell adalah salah satu danau terbesar di Amerika Serikat. Bendungan ini masuk ke dalam program “Colorado River Compact”.

6. Merowe Dam

Merowe Dam, Biggest DAM in Afrika
Merowe Dam in Aftrica

Di posisi ke-6 ada Bendungan yang merupakan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air terbesar dari Afrika. Ya, bendungan ini bernama Merowe 7Twister. Letak bendungan ini sesuai dengan namanya yaitu di Merowe Town, Sudan. Bendungan ini dibangun selama 5 tahun yaitu antara 2004-2009 dan menghasilkan 1250MegaWatt listrik. LUAR BIASA besar yah listrik yang dihasilkan

5. Srisailam Dam

Srisailam Dam in India
Srisailam Dam, India

Di posisi ke-5 ada Bendungan dari India. India merupakan negara yang cukup maju akan penguasaan IT dan teknologi luar angkasanya. Bendungan Srisailam ini terletak di Andhra Pradesh, India. Memang pembangunan bendungan ini memicu kontroversi karena dibuat dengan menghilangkan 100 desa yang ada. Pembangunan bendungan ini sangat lama 7Twister, yaitu 21 tahun antara tahun 1960-1981. Lintasan yang dilalui bendungan ini adalah Sungai Krishna di Bukit Nallamala

4. Grande Dixence Dam

Grande Dixence Dam, Biggest DAM in Swiss
Grande Dixence Dam, Switzerland

Sebelum saya menceritakan detail bendungan ini, apakah 7Twister bisa membandingkan ukuran orang-orang yang sedang berjalan di atas bendungan ini? Terlihat sangat kecil yah orang-orang tersebut dibandingkan ukuran bendungannya
Grande Dixance adalah bendungan yang terletak di kota Heremence, Switzerland. Bendungan ini sangat besar dan sangat rumit pembangunannya, karena terletak di atas pegunungan di Swiss. Air pada bendungan ini disuplai oleh lebih dari 30 aliran glacier yang mencair. Lokasi ini juga sangat menarik bagi turis yang ingin mendaki gunung di Swiss

3. The Netherlands North Sea Protection Works

The Netherlands North Sea Protection Works DAM
The Netherlands North Sea Protection Works

Bendungan ini memang memiliki kegunaan yang amat vital bagi negara Belanda. Dari namanya saja The Netherlands North Sea Protection Works menunjukkan bahwa bendungan ini yang secara rekayasa dirancang untuk membuat Belanda aman dari ketinggian air laut. Yup 7Twister, karena mayoritas wilayah Belanda adalah di bawah permukaan air laut.
The Netherlands North Sea Protection Works Gate
The Netherlands North Sea Protection Works Gate
Bendungan merupakan taknologi yang telah dikembangkan selama 2000 tahun di Belanda. Bendungan ini merupakan sistem yang sangat kompleks yang menahan air dari Laut Utara. Bendungan ini memiliki pintu yang dapat membuka dan menutup dengan berat 300-500ton/pintu. Karena sangat kompleksnya teknologi yang dibuat pada bendungan ini. Bendungan ini disejajarkan teknologinya dengan pembangunan Tembok Besar China dan Penerbangan ke Bulan tahun 1969.

2. Hoover Dam

Hoover Dam in USA
Hoover Dam, USA

Hoover DAM atau bendungan Hoover terletak di Boulder City, Nevada, Amerika Serikat. Dibuat selama 5 tahun antara 1931-1936. Bendungan ini sangat tinggi yaitu 726 kaki. Dimana ketebalan di dasar adalah 660 kaki dan di puncaknya 45 kaki. Persis di depan bendungan ini dibangun sebuah jembatan dengan topangan melengkung.
Bendungan ini memang sangat indah sebagai lokasi wisata dan dikunjungi jutaan wisatawan/tahun. Hoover DAM merupakan salah satu kejayaan teknologi konstruksi Amerika Serikat di Era Depresi

1. Three Gorges Dam

Three Gorges Dam in China
Three Gorges Dam, China

Dan sampailah kita pada daftar nomor 1. Inilah salah satu rekayasa engineering termasyhur di abad ke-20. Inilah Three Gorges DAM. DAM terbesar di dunia hasil rancangan engineer-engineer terbaik China. Bendungan ini terletak di propinsi Hubei, China.
Bayangkan saja 7Twister, bendungan ini dibangun selama 17 tahun dan memakan biaya sebesar $59billion atau sekitar Rp. 700triliun. Ratusan Desa dan Kota digabung menjadi satu untuk membuat 403mil persegi reservoir air.
Ya inilah Three Gorges DAM. Ada cerita kontroversi juga dimana bendungan ini membuat aliran sugai Yang Tze melambat, sehingga area di sekitar bendungan terjadi erosi, longsor, dan gempa serta meninggalkan jutaan ton sedimen.
7Twister ingin tahu berapa listrik yang dihasilkan dari 1 bendungan terbesar dunia ini?? Jawabannya adalah 22000MegaWatt, listrik ini setara dengan listrik yang dihasilkan oleh 20 bendungan Hoover. DAHSYATT

sumber : http://7twist.com/7-bendungan-terbesar-di-dunia/

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top