Sunday 17 January 2016

Perkembangan Teknologi Analog dan Digital

12:17

Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital
1. Pengertian Teknologi Analog.
Teknologi Analog Merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dalam bentuk gelombang kontinu (continous Varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.

Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik. Proses pengiriman suara, misalnya pada teknologi telepon, dilewatkan melalui gelobang elektromagnetik ini, yang bersifat variable dan berkelanjutan. Satu komplit gelombang dimulai dari voltase nol kemudian menuju voltase tertinggi dan turun hingga voltase terendah dan kembali ke voltase nol. Kecepatan dari gelombang ini disebut dengan hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik. Misalnya dalam satu detik, gelombang dikirimkan sebanyak 10, maka disebut dengan 10 Hz.

2. Pengertian Teknologi Digital.
Teknologi Digital Merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Signal tersebut disebut sebuah bit. Signal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog yaitu :
  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan tinggi tanpa harus mengurangi kualitas dari informasi/data yang dikirimkan.
  • Penggunaan yang berulang – ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri. 
  • Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. Kelebihan informasi digital adalah kompresi dan kemudahan untuk ditranfer ke media elektronik lain. Kelebihan ini dimanfaatkan secara optimal oleh teknologi internet, misalnya dengan menaruhnya ke suatu website atau umumnya disebut dengan meng-upload. Cara seperti ini disebut online di dunia cyber. Sistem transmisi digital menyediakan :
    • Tingkat pengiriman informasi yang lebih tinggi. 
    • Perpindahan informasi tang lebih banyak. 
    • Peningkatan ekonomi. 
    • Tingkat kesalahan yang lebih rendah dibandingkan sistem analog.
Contoh saja computer, computer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, computer hanya mengenal dua arus, yaitu on dan off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang mampu membuat computer melakukan banyak hal, baik dalam mengenal huruf, gambar, suara, bahkan film-film yang menarik yang akan kita tonton dalam format digital.
Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital
Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital

3. Perubahan Teknologi Analog Menjadi Teknologi Digital.
Membahas tentang teknologi tidak terlepas dari teknologi analog dan teknologi digital. Saat ini sudah tidak banyak teknologi analog murni yang digunakan. Contoh dari teknologi analog murni yang masih digunakan saat ini adalah ketika anda sedang mencatat menggunakan pulpen maka hal tersebut dapat dikatakan bahwa anda menggunakan teknologi analog murni. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan manusia untuk melakukan banyak hal secara praktis, penggunaan teknologi analog dinilai kurang efektif dan efesien sehingga teknologi analog mulai bergeser dan digantikan dengan munculnya teknologi digital yang dianggap lebih praktis. 
Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital
Teknologi digital dapat mengubah suara, gambar, dan tulisan ke dalam komputer. Penggunaan teknologi digital yang lebih praktis membuat maraknya penggunaan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari penggunaan teknologi digital adalah mengirim surat menggunakan e-mail.  Mengirim surat menggunaan e-mail jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan mengirim surat lewat pos yang membutuh waktu berhari-hari untuk bisa disampaikan kepada tujuan.

Terlepas dari itu semua tentunya teknologi yang digunakan pada masa lalu tentu berbeda dengan teknologi yang digunakan saat ini. Sebelum teknologi digital berkembang, penggunaan teknologi analog banyak digunakan oleh manusia untuk melakukan aktivitasnya. Namun, kebutuhan manusia yang ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat membuat penggunaan teknologi analog mulai digantikan dengan teknologi digital, tidak sepenuhnya digantikan memang. Masih ada penggunaan teknologi analog sampai saat ini, tetapi sudah tidak banyak. Jika dahulu anda mencatat dengan menggunakan pulpen maka saat ini anda bisa menggunakan laptop untuk mencatat. Hal lain misalnya, ketika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang jika sampai saat ini kita masih menerapkan sistem dari teknologi digital kita akan mengalami kendala terutama pada proses penyampaian dan penerimaan informasi yang berupa seuara , untuk lebih lanjutnya dapat melihat ilustrasi dibawah ini :

Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital


Penjelasan Gambar 1 :
Dari gambar diatas kita semua dapat melihat alur pengiriman informasi/pesan melalui 2 media yang berbeda , tentunya perbedaan tersebut terlihat dari media yang digunakan dan proses bagaimana informasi/pesan itu sampai kepada penerima,jika kita pada zaman ini masih menerapkan teknologi dari talky walky maka terjadi beberapa kerumitan yang diantara karena talky walky masih menerapkan teknologi single duplex dimana komunikasi hanya dapat dilakukan dengan 1 arah maksudnya jika A mengirim informasi maka B harus menunggu hingga informasi itu diterima baru dapat membalas informasi tersebut dan komunikasi tersebut tidak dapat dilakukan secara bersamaan , berbeda jika menggunakan handphone yang dapat melakukan komunikasi  2 arah maksudnya antara A dan B dapat saling berbicara tanpa terikat waktu jeda pengiriman informasi/pesan.

Perbedaan utama teknologi analog dan digital terletak pada saluran penyampai pesannya. Jika teknologi analog menggunakan gelombang, maka dalam teknologi digital, media yang digunakan adalah sinyal elektrik komputer.Sinyal ini mengubah data yang ingin disampaikan oleh komunikator menjadi angka-angka biner yang kemudian akan dikonversi menjadi data kembali saat mencapai komunikan.

Kelebihan teknologi digital adalah karena teknologi ini menawarkan fleksibilitas dan efisiensi bagi penggunanya. Fleksibilitas pada teknologi digital memungkinkan adanya sebuah modifikasi atau manipulasi pada sebuah data. Foto, misalnya, dapat dimanipulasi dengan program-program tertentu via komputer.  Ini tidak bisa dilakukan dengan teknologi analog. Dalam teknologi analog, foto hanya bisa dilihat jika dicetak dari klisenya, dan pencetakan ini tidak memungkinkan adanya manipulasi. Dalam hal ini, teknologi digital tentu lebih fleksibel dibanding teknologi analog.

Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital


Teknologi digital juga menawarkan efisiensi dalam hal penyimpanan. Ini adalah perubahan yang revolusioner. Bayangkan jika seluruh buku-buku cetak sudah diubah menjadi digital (e-book), maka tidak diperlukan tempat penyimpanan yang begitu besar. Alih-alih, penyimpanan buku-buku berformat elektronik ini dapat secara efisien disimpan dalam flashdisk atau hard disk. Efisien untuk penyimpanan dan menjadi lebih portable.

Selain fleksibilitas dalam memanipulasi data dan efisiensi dalam penyimpanan, teknologi digital juga memiliki kelebihan sebagai satu-satunya format data yang dapat dibaca oleh komputer. Dan dengan penggunaan komputer yang semakin memasyarakat, maka perubahan format ini juga menjadi sebuah keharusan.


4. Teknologi Analog dan Digital di Kehidupan Sehari-hari.
Kita semua tidak dapat memungkiri bahwa peranan 2 teknologi tersebut benar-benar dapat membantu kita dalam kegiatan sehari-sehari berikut adalah beberapa bentuk kegunaan teknologi analog  dan digital yang biasa kita jumpai :

Teknologi Analog
  • Speedometer Kendaraan Bermotor
  • Radio
  • Jam Tangan (Yang menggunakan jarum)
  • Talky Walky
  • Dll.
Teknologi Digital
  • Televisi LCD 
  • Camera Digital
  • Handphone
  • Computer
  • Dll.
Sekianlah  Artikel mengenai Perkembangan Teknologi Analog dan Teknologi Digital, Semoga bermanfaaat.
Source : http://agungsuryalesmana.blogspot.co.id/2015/03/perkembangan-teknologi-analog-dan.html

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top