Monday 4 January 2016

Mengenal Titik Nol Kilometer

11:38

Lipzaa – Pada umumnya setiap daerah pasti memiliki ‘titik nol kilometer’. Titik nol kilometer sudah ada sejak zaman belanda. Ditandai dengan tugu-tugu kecil yang berdiri berdekatan dengan Kantor Pos pusat masing-masing kota. kalau hingga saat ini belum banyak perubahan, dimana kamu menemukan tugu-tugu kecil disana ada Kantor Pos Pusat, bisa dipastikan disana letak titik nol kilometer.
Sekarang monumen Titik Nol kilometer tidak hanya dijadikan sebagai penanda saja, melainkan sebagai salah satu tujuan objek wisata. Tidak semua, tapi tahukan kamu dimana letak ‘titik nol kilometer’ di setiap kota di Indonesia? Pada kesempatan kali ini Lipzaa akan merangkum titik nol kilometer yang ada di Indonesia.

DKI Jakarta

titik nol km
cumadiindonesia.com
Dengan keadaan Jakarta saat ini, gedung-gedung pencakar langit yang berdiri mentereng. Mall dan pusat perbelanjaan berserakan dimana-mana. Kamu pasti akan bingung dimana letak titik nol kilometernya Jakarta? Mencari titik nol kilometer di Jakarta cukup membingungkan, terutama bagi mereka yang baru mempelajari sejarah tentang ibu kota Jakarta, bukan karena lokasinya terletak dimana, melainkan titik nol kilometernya ada dua. Yang satu di Tugu Monas dan yang satu lagi di menara Syahbandar dekat museum Bahari.
titik nol km
96witri.wordpress.com
Sejarawan dan pemerhati kota Jakarta, Asep Kambali menjelaskan bahwa kedua titik nol kilometer berada di jaman yang berbeda. Titik nol kilometer di Tugu Monas ditetapkan tahun 80’an dan titik nol kilometer di menara syahbandar ditetapkan ketika Jakarta jaman VOC.

JAWA BARAT

1. Bandung

titik nol km
www.infobdg.com
Di Bandung titik nol kilometer terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Raya Pos yang sekarang sudah menjadi Jalan Asia Afrika. Monument yang tingginya kurang lebih dari 1 meter ini menyimpan banyak sejarah tentang pembangunan kota Bandung. Gubernur Jendral Belanda, Mr. Herman Willem Deandels ketika mengunjungi Bandung untuk meresmikan jembatan Cikapundung yang ditemani oleh Bupati Bandung, Wiranatakusumah II berpesan “Usahakanlah jika saya kembali, disini telah dibangun sebuah kota”. Konon Deadels mengucapkan pesannya sembari menancapkan tongkat disebuah titik. Nah, dari sana titik nol kilometer bandung dimulai.
Kalau dari sahabat Lipzaa ada yang memilki tambahan informasi sejarah mengenai titik nol kilometer kota bandung jangan sungkan untuk berbagi yak 😉

2. Bogor

titik nol km
bogorwatch.wordpress.com
Gampang-gampang sulit menemukan titik nol kilometer kota bogor, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali menginjakan kakinya di kota hujan ini, cukup tanyakan kepada warga setempat dimana balaikota Bogor. Nah, titik nol kilometer kota bogor terletak percis di depan Balaikota Bogor. Di Pinggri Jalan Ir H Juanda, yang berdekatan dengan Hotel Salak.

3. Cirebon

titik nol km
id.wikipedia.org
Kota yang terletak di daerah pesisir utara jawa ini memiliki titik nol kilometer yang belum banyak mengalami perubahan, monumen yang memiliki tinggi kurang lebih dari 1 meter ini terletak di depan Kantor Pos Besar kota Cirebon Jalan Yos Sudarso.
Jika sahabat Lipzaa ada yang berasal dari Kota Cirebon mungkin bisa membagikan informasi seputar transportasi apa saja yang harus digunakan agar bisa sampai ke titik nol kilometer Kota Cirebon.

Daerah Istimewa Yogyakarta

titik nol km
smua-ada-disini.blogspot.com
Yang pernah main ke Yogyakarta apalagi yang kuliahnya disana, dipastikan sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini, titik nol kilometer. tidak hanya menjadi bagian dari sejarah, titik nol kilometer Jogja juga menjadi bagian dari destinasi wisata Kota Yogyakarta. Semakin malam titik nol Kilometer kota Jogja semakin ramai, apalagi malam minggu. Titik Nol Kilometer kota Yogyakarta terletak di ujung jalan Malioboro, atau warga sana menyebutnya Perapatan Kantor Pos Gede(Besar). Titik Nol Kilometer Yogyakarta berada tepat ditengah perempatan jalan. Titik Nol Kilometer Yogyakarta merupakan tempat yang sangat stategis, selain dekat dengan Malioboro –pusat perbelanjaan dan kraton, tempat ini juga menjadi pusat aktifitas masyarakat karena dekat dengan kantor Pos Pusat Kota Yogyakarta dan beberapa bank. Uniknya, hampir semua bangunan atau gedung seperti kantor Pos dan bank adalah bangunan tua bergaya colonial khas belanda yang megah nan indah. Menjadikan titik Nol Kilometer Yogyakarta begitu istimewa, sesuai dengan slogannya “Jogja Istimewa”.

JAWA TENGAH

1. Solo

titik nol km
www.tempo.co
Ketika Indonesia masih menganut paham ejaan Van Ophusyen, nama lain kota solo yaitu Surakarta ditulis ‘Soerakata’. Panggilan kota Solo lebih sering digunakan untuk panggilan umum sedangkan Surakarta digunakan dalam situasi pemerintahan. Kota yang terkenal dengan industri batiknya ternyata memiliki titik nol kilometer. Letaknya tepat didepan Balaikota Surakarta. Masyarakat sekitar memanggilnya Tugu Pamandengan. Konon Tugu Pamandengan ini dulunya sering digunakan sebagai titik pandang Raja Keraton Surakarta saat beliau duduk di Pagelaran.

2. Boyolali

titik nol km
rubijanto.wordpress.com
Titik nol kilometer di Kabupaten Boyolali atau Kota yang mendapat julukan sebagai kota susu terletak di kawasan Tugu Adipura, percis didepan taman kota Sono Kridanggo. Tak kalah dengan titik nol kilometer kota lainnya, titik nol kilometer kabupaten Boyolali selalu ramai, selain dikarenakan letaknya yang sangat strategis yaitu berada di pusat kota, kawasan ini juga merupakan jalur utama Solo-Semarang.

3. Semarang

titik nol km
www.mindtalk.com
kota yang memiliki slogan ‘Bumi Serasi’ ini memiliki titik nol kilometer yang terletak di kawasan kota lama tepatnya di ujung jalan pemuda, berdekatan dengan Gedung keuangan Negara dan Gedung Dipenda. Masih ada sebagian masyarakat yang berpendapat bahwa titik kilometer kota Semarang terletak di Simpang lima, disebabkan tempatnya yang ramai juga dekat dengan kantor Pemda. Sekarang kamu sudah tahu dimana letak titik nol kilometer kota Semarang, jadi jangan salah sebut lagi yak 😉

JAWA TIMUR

1. Surabaya

titik nol km
news.detik.com
Masih ada beberapa masyarakat Indonesia khususnya Surabaya yang berpendapat bahwa tugu pahlawan adalah titik nol kilometer kota Surabaya. Tugu Pahlawan merupakan titik tengah kota Surabaya yang dibangun ketika masa kepemimpinan Presiden Soekarno, namun bukan berarti Tugu Pahlawan menjadi titik nol kilometer kota Surabaya.
Titik nol kilometer Kota Surabaya terletak tidak jauh dari Kantor Gubernur Jatim. Posisinya agak tersembunyi di karenakan banyak tanaman yang menutupinya. Wajar saja apabila masih banyak warga setempat yang belum tahu dimana letak pastinya.

2. Malang

titik nol km
sapril1488.wordpress.com
Kondisi titik nol kilometer kota Malang tidak jauh beda dengan titik nol kilometer kota Surabaya, sama-sama tersembunyi. Bedanya titik nol kilometer kota Malang bersembunyi di bawah jembatan penyebrangan di depan kantor Pajak jalan Merdeka Utara. Dengan lokasi seperti ini wajar saja apabila titik nol kilometer Malang luput dari perhatian, dan masih banyak warga yang berpendapat bahwa titik nol kilometer kota Malang terletak di Alun-alun kota Malang.
Titik Nol Kilometer merupakan symbol pusat kota. Sudah Seharusnya semua warga mengetahuinya, terutama untuk anak-anak agar mereka tidak buta sejarah.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top