Tuesday 19 January 2016

7 Bendungan Terbesar di Dunia

10:14

Keberadaan DAM atau bendungan yang terdapat di Indonesia tentunya mempunyai banyak fungsi seperti penghasil energi dan pengaturan irigasi serta sebagai tempat wisata. Tak jarang dari bendungan tersebut sangat besar dan membentuk danau buatan atau waduk yang luas. Berikut ini adalah 7 Bendungan Paling Besar di Indonesia


1. Bendungan Jatiluhur (Ir. H. Juanda) di Jawa Barat
Bendungan Jatiluhur (Ir. H. Juanda) di Jawa Barat
Bendungan Jatiluhur berjarak ±100 km tenggara Jakarta dan ±60 km barat laut Bandung. Mulai dibangun tahun 1957 dan diresmikan 26 Agustus 1967 oleh Presiden Soeharto. Bendungan ini  dapat menyediakan air untuk irigasi seluas 242.000 ha. Bendungan ini merupakan yang terbesar di Indonesia.
2. Bendungan Karangkates (Ir. Soetami) di Jawa Timur
Bendungan Karangkates (Ir. Soetami) di Jawa Timur
Bendungan Karangkates atau yang sekarang biasa disebut dengan Bendungan Sutami terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bendungan yang airnya berasal dari Sungai Brantas. Bendungan ini dibangun tahun 1975-1977 dengan dana sekitar Rp.10 milyar untuk dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Untuk dapat mencapai Bendungan Karangkates relatif mudah (menggunakan kendaraan umum), karena lokasinya berada di tepi jalan raya Malang-Blitar, sekitar 35 kilometer di sebelah selatan Kota Malang atau 16 kilometer arah barat obyek wisata Gunung Kawi.
3. Bendungan Sigura-gura di Sumatera Utara
Bendungan Sigura-gura di Sumatera Utara
Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan yang terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan (Danau Toba). Bendungan ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Jatiluhhur dan Bendungan Ir. Sutami. Bendungan ini berfungsi untuk menjamin ketersediaan volume air dan besarnya energi air yang diperlukan bagi pembangkit tenaga listrik di PLTA Sigura-Gura. Mulai dibangun tahun 1978 dan selesai tahun 1981. Bendungan ini digunakan untuk pembangkit listrik yang dapat menghasilkan llistrik dengan daya 1868 GWH/thn.
4. Bendungan Batutegi di Lampung
Bendungan Batutegi di Lampung
Bendungan Batu Tegi ini terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini dibangun dari dana APBN dengan bantuan Japan Bank for International Cooperation. Bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit listrik dan penyedia bahan baku untuk air minum wilayah Kota Bandar Lampung, Metro dan daerah Beranti di Kabupaten Lampung selatan.
5. Bendungan Gajah mungkur (Wonogiri) di Jawa Tengah
Bendungan Gajah mungkur (Wonogiri) di Jawa Tengah
Bendungan Gajah Mungkur terletak 3 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.
6. Bendungan Wonorejo di Jawa Timur
Bendungan Wonorejo di Jawa Timur
Bendungan Wonorejo adalah bendungan yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Letak dari pusat kota diperkirakan sejauh 12 kilometer. Dengan kapasitas sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.
Bendungan Wonorejo diresmikan pada tahun 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia pada tahun tersebut, yaitu Megawati Sukarnoputri, setelah dibangun selama hampir 9 tahun sejak 1992. Bendungan Wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu pusat tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut, bersama Bendungan Neyama di Kecamatan Besuki.
7. Bendungan Riam Kanan di Kalimantan Selatan
Bendungan Riam Kanan di Kalimantan Selatan
Bendungan Riam Kanan terletak di Kalimantan Selatan. Mulai dibangun tahun 1963 dan selesai 1973. Di bendungan Riam Kanan ada tiga unit turbin yang setiap hari mengolah arus air dari bendungan sampai menghasilkan energi listrik yang selama ini sudah dinikmati. Waduk riam Kanan sendiri dibangun dengan membendung 8 buah sungai yang mengalir di kawasan Riam Kanan.

Foto - Foto Bendungan

1. Bendungan Sigura-gura di Sumatera Utara
2. Bendungan Batutegi di Lampung
3. Bendungan Jatiluhur (Ir. H. Juanda) di Jawa Barat

4. Bendungan Gajah mungkur (Wonogiri) di Jawa Tengah

5. Bendungan Karangkates (Ir. Soetami) di Jawa Timur
6. Bendungan Wonorejo di Jawa Timur
7. Bendungan Riam Kanan di Kalimantan Selatan

8. Bendungan Batujai di Nusa Tenggara Barat

9. Bendungan Tilong di Nusa Tenggara Timur

10. Bendungan Bili-Bili di Sulawesi Selatan

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 comments:

  1. bendungan-bendungan di indonesia besar sekali ya, saya baru tahu kalau di indonesia juga terdapat banyak bendungan besar..

    ReplyDelete

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top